Recent Posts

banner image

Cara Menanam Bunga Anggrek di Tanah

Ada jenis anggrek tertentu yang hanya bisa berkembang biak dengan ditanam di tanah, yaitu jenis Anggrek tanah (vanda douglas).  Jangan samakan menanam anggrek di tanah sama seperti menanam tumbuhan lainnya yaitu menggali lubang yang cukup dalam sebagai tempat tanam tumbuhan.Kita harus bisa membedakan mana tanaman angrek tanah dan mana yang bukan tanaman anggrek tanah



Cara Menanam Bunga Anggrek di tanah:

1. Menyiapkan lubang tanam

Buat lubang pada tanah sedalam 10 cm dan lebarnya 30 cm, sementara itu untuk ukuran panjangnya disesuaikan dengan lahan. Oya, jangan lupa untuk membuat jalan di antara lajur lubang tanam tersebut. Ini agar mudah saat memberikan perlakuan pada anggrek.

2. Memasang Ajir

Ajir adalah tonggak yang menopang anggrek. Biasanya ajir terbuat dari bambu yang dipotong-potong. Ukuran ajir sekitar 2,5 meter. Tanam ajir sedalam 50 cm ke dalam tanah. Tiap lubang diberi 2 baris ajir.

Di samping untuk menopang batang anggrek, dengan menggunakan ajir akan memudahkan saat melakukan perawatan seperti pemberian pupuk atau penyiraman, dan memungkinkan tanaman anggrek menerima sinar matahari sehingga proses fotosintesis bisa berjalan secara sempurna. Tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh pada pembentukan bunga pada anggrek.

Tidak setiap tanaman diberi ajir. Cukup apitkan ajir pada beberapa anggrek yang dikelompokkan dalam lajur lubang. Tinggi ajir yang mengapit anggrek tergantung pada tinggi tanaman. Jika batang anggrek telah cukup tinggi, bambu pengapit bisa dibuat jajar dua.




3. Menanam bunga anggrek

Bibit anggrek yang digunakan harus memiliki panjang minimal 30 cm. Sebaiknya bibit itu berasal dari stek anggrek yang cukup tinggi yaitu sekitar 1 meter. Ini akan membuat bibit anggrek bisa segera berbunga sekitar 1 bulan kemudian.

Bibit yang satu dengan yang lain diberi jarak tanam sejauh 10 cm. Tamanan dirapikan dengan menggunakan bambu dengan mengikat ujungnya pada ajir. Usahakan anggrek dalam posisi tegak.

Selesai mengatur bibit berdiri dalam keadaan tegak, lubang untuk menanam tadi diisi pupuk kandang. Lalu tutup lubang dengan sabut kelapa yang disusun rapi menutupi semua akar yang terlihat. Selain sabut kelapa. Bisa juga menggunakan serutan kayu sebagai alternatif untuk menutupi akar yang tampak di permukaan tanah.

Nah, itu dia beberapa cara menanam bunga anggrek. Tapi sebelumnya, pastikan terlebih dahulu jenis anggrek yang akan kamu tanam. Sehingga bisa menentukan cara menanam bunga anggrek yang tepat.

Baca: Jenis - Jenis Tanaman Anggrek Tanah

Cara Menanam Bunga Anggrek di Tanah Cara Menanam Bunga Anggrek di Tanah Reviewed by Cuonks on September 05, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.