Recent Posts

banner image

Jenis - Jenis Anggrek Yang Tumbuh Di Tanah (Angrek Tanah)


Jenis Anggrek Tanah: Para pencinta tanaman hias pasti familiar sekali dengan bunga ini, Bunga Anggrek namanya. Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias bunga yang memiliki pesona sangat indah.

Tanaman anggrek tanah adalah tanaman dari keluarga anggrek yang hidup di tanah (Terestial). Tanaman anggrek tanah berasal dari daerah kepulauan pasifik (Hawai dan Florida) kemudian menyebar ke kawasan tropis dan semitropis. Nama latin tanaman anggrek tanah adalah Spathoglottis Plicata Blume. Sedangkan nama tanaman anggrek tanah dalam bahasa Inggris adalah Ground Orchid. Fungsi dan kegunaan tanaman anggrek tanah bagi sebagian masyarakat digunakan sebagai tanaman hias depan rumah karena tanaman anggrek ini mempunyai warna bunga yang indah dan menarik.

Anggrek Tanah:

Vanda Douglas

Anggrek Vanda Douglas: memiliki warna dominan ungu disertai kelopak bunga yang agak mekar menjadikan anggrek jenis ini banyak di minati pasar.


Anggrek Emma

Anggrek Emma (Dendroirium): anggrek ini memiliki tipe perkembangan bunga yang unik, Bunganya hanya muncul dari ketiak daun dan per kuntum. Selain itu ukurannya yang pendek dan daunnya yang tipis menjadikannya terlihat unik.






Gimstori (Kalajengking Merah)

Gimstori: Anggrek gimstory merupakan jenis anggrek tanah yang mudah untuk melakukan perawatan. Menanamnya dengan cara di stek atau potong, bisa ditanam langsung di tanah atau menggunakan pot dengan media tanam serabut kelapa atau sekam.




Magiewi (Kalajengking Kuning) 

Magiewi: biasa disebut Anggrek ketonggeng adalah salah satu spesies anggrek yang memiliki bentuk unik, dikarenakan bentuk bunganya yang mirip dengan hewan kalajengking. Anggrek ini merupakan jenis anggrek yang dapat hidup di alam terbuka atau daerah yang terkena sinar matahari langsung.


Dan masih banyak lagi nanti kita akan bahas lagi karena sekarang sudah watunya untuk Adzan Subuh.
saya akan jelaskan sedikit tentang ciri - ciri Anggrek tanah.

Ciri - Ciri Anggrek Tanah

Keramatgunung: Adakah yang tahu, Mengapa tanaman bunga anggrek hidup menempel dibatang pohon? Ya, Bunga anggrek termasuk tanaman yang hidup menempel pada pohon lainnya, akan tetapi Tanaman ini bukanlah termasuk tanaman parasit. Tanaman ini tetap mampu untuk hidup mandiri. Untuk kebutuhan air, tanaman ini memperolehnya dari hujan, kulilt pohon,uap air di udara dan tetesan embun. Dan terdapat juga yang bisa hidup ditanah maupun di bebatuan.

Berdasarkan cara hidupnya, bunga anggrek dapat dibedakan menjadi 6 jenis yaitu anggrek saprofit(hidup pada bahan organic/sersah), epifit  (menempel di batang pohon), amoebofit (salah sau anggrek yang bisa dibedakan fase vegetative dan generatifnya),lithofit (di bebatuan) dan yang terakhir yang akan kita bahas selanjutnya yaitu anggrek terestrik (hidup di tanah).

Nama latin anggrek tanah berasal dari Bahasa Yunani “spathoglottis plicata”. “spathe” yang berarti pedang dan “glotta” atau “glosa” yang berarti lidah. Dan nama “plicata” sendiri diambil dari lekukan daun yang menyerupai plicated. Serta, masih termasuk family dari Orchidaceae. Bunga ini termasuk salah satu dari sekian banyak jenis anggrek terestrik yang memiliki ciri ciri bunga anggrek yang batangnya pendek dan beruas, serta cenderung hampir mirip seperti umbi.

Untuk warna bunga, anggrek tanah ini memiliki banyak bervariasi warna, dari warna ungu tua, ungu muda, merah ungu, pink, orange, kuning, coklat, putih dan campuran. Sehingga tidak heran jika bunga ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta anggrek. Bunga anggrek ini tidak  mekar secara serempak, bunya ini mekar selama 2-3 hari dan akan layu, kemudian digantikan dengan bunga yang lainnya lagi. Contohnya adalah Anggrek Vanda, Anggrek Emma, Anggrek Glosen.

Ciri-ciri Tanaman Bunga Anggrek

  • Batang
Untuk batang anggrek memiliki jenis batang yang disesuaikan dengan tipe tanaman anggrek. Yaitu tipe anggreksimpodial dan monopodial. Dan pada umumnya, tanaman anggrek epifit memiliki jenis batang yang tumbuh sympodial.
  • Akar
Akar bunga anggrek berfungsi untuk merekatkan dirinya ke tanaman lain. Dan akar ini juga berfunsgi untuk menyalurkan air keseluruh bagian. Anggrek epifit memiliki akar dengan lapisan velamen dan berongga. Lapisan tersebut digunakan untuk menyerap air yang jatuh di kulit pohon atau media tanam lain.

Bentuk akara angrek epifit memiliki serabut yang pendek dan ada juga yang tidak berserabut. Sedangkan untuk anggrek jenis terrestrial memiliki rambut akar yang lebih panjang dan rapat yang digunakan untuk menyerap zat organik dan air dari dalam tanah.
  • Daun
Untuk bentuk daunnya sendiri, disesuaikan dengan jenis bunga anggreknya, oleh Karena itu ada beberapa bentuk daun, yaitu silindris, talang, bertunggangan dan sendok. Daun silindris yaitu bentuk daunnya yang tumpul dan panjang sehingga hampit mirip dengan sebuah pensil. Daun Talang yaitu bentuk daun yang memiliki helaian daun yang kiri dan kanan membentuk sudut sehingga menyerupai talang. Daun Bertunggangan memiliki bentuk daun yang menghimpit batang atau oangkal daun diatasnya dan helaian daunnya melebar ke ujung. Dan yang terakhir yaitu Daun Sendok yang bentuknya memanjang, lonjong dan melebar.
  • Bunga
Pada dasarnya, Bungan anggrek hanya memiliki 3 buah kelopak bunga yang biasa disebut spalum. Satu kelopak yang terletak dipunggung disebut spalum dorsal atau kelopak punggung, dan sisa kelopak yang lainnya disebut spala literalia atau kelopak samping.
Daun mahkota atau petala pada anggrek berjumlah dua buah yaitu petala dan sepala. Petala dan sepala saling berseling, Bunga Anggrek memiliki warna yang cerah dan bentuk yang mirip dengan serangga. Dengan bentuk ini, sehingga mampu menarik serangga dalam proses penyerbukan bunga.
  • Buah
Tanaman anggrek merupakan tanaman yang bervariasi, sehingga ada beberapa jenis yang menghasilkan buah. Bunga anggrek dinyatakan tua jika sudah berumur antara 3-9 bulan. Matangnya buah anggrek disesuaikan dengan jenis bunga anggrek tersebut.
Contoh: Bunga anggrek Dendrobium matang pada umur 3 s.d 4 bulan,  sedangkan buah anggrek Cattleya matang di umur 9 bulan.

Sumber: jenistanaman.com


 
Jenis - Jenis Anggrek Yang Tumbuh Di Tanah (Angrek Tanah) Jenis - Jenis Anggrek Yang Tumbuh Di Tanah (Angrek Tanah) Reviewed by Cuonks on September 05, 2017 Rating: 5

5 comments:

  1. BUNGA NYA BAGUS....
    KLO YANG UNIK ADA DISINI,.
    https://www.telmi.me/lists/mengecewakan-indonesia-dijadikan-tempat-syuting-film-panas/73

    ReplyDelete

Powered by Blogger.